Daftar Blog Saya

Senin, 02 Januari 2012

TV Jadul..

Nuansa Pertelevisian Zaman Dahulu :)

Waaaaaa...permulaan, saya bikin coretan dulu ya. Tiba-tiba jadi inget zaman dulu nih, tahun 2000-an lah. Saat itu saya masih duduk di SD - awal SMP. Saya besyukur sekali lhooo..karena saya hidup di zaman transisi (^.^)b.. Maksudnya, saya masih mengenal kehidupan jadul dan juga tentunya merusakan kehidupan modern :)
Jujur, saya kangen kehidupan di tahun 2000-an. Fashion-nya, lifestyle-nya, games-nya, dan tentu sajaaa ACARA TV-nya.. :)
Oke, acara TV yang sangat sangat sanagt saya kangeni :
  • SINETRON YANG TIDAK STRIPPING (tayang setiap hari). Sinetron yang hadir 1 x seminggu. So, ada penasarannya dong. Jujur saja ya, waktu masih SD saya memang suka nonton sinetron. Sampai hafal lho jadwal tayang tiap sinetron, apalagi di SCTV.. Hhhaha, walaupun dilarang sama ortu, tapi tetep aja nakal :D... Dulu ada sinetron "Dewi Fortuna" (Pemainnya Bella Saphira, Jeremy Thomas, Thomas Djorgi, Didi Riyadi, Putri Patricia, Ayu Diah Pasha, Diah Permatasari, dll). Ceritanya seru, walaupun waktu itu masih belum mengerti benar. Hehee. Selanjutnya, sinetron jadul  yang masih saya ingat adalah "Kalau Cinta Jangan Marah" (Pemainnya Primus Yustisio, Jihan Fahira, Anya Dwinov, Yati Octavia, dll). Lalu, ini nih sinetron yang paling saya suka waktu dulu, hahaha. Judulnya "Kawin Gantung" (Pemainnya Natalie Sarah, Didi Riyadi, Leni Carlotte, Bolot, Eeng Saptahadi, Elma Theana, dll). Seru sekali sinetron ini. Kocak, kadang juga romantis, kadang kesel, aaah pokoknya jarang kelewat lah. Walaupun seminggu sekali tayangnya, tapi jujur seru abisss!! Okke, sinetron lainnya yang menjadi favorit saya adalah "Inikah Rasanya??" (Pemainnya Alyssa Soebandono, (yg jadi si Jason tuh siapa ya? Lupa lagi!), Aji Yusman, Nadia Vega, Raya Kohandi, Rifky Balwel, Theresia Blezsinsky, Ana C. Pinem, dll). Sinetron remaja, pada saat saya duduk di kelas 6 SD. Seru sekali. Persahabatan, cinta, keluarga, semuanya ada di sonetron itu. Yang bikin seru, ternyata teman2 sekelas juga lumayan banyak yang seneng sinetron ini. Jadi, tiap udah nonton hari Senin (tayangnya hari Senin, hehe), pasti hari Selasa-nya langsung ngomongin cerita sinetron ini.. Waaah seru deh pokoknya! Over all... Saya kangen sinetron yang TIDAK STRIPPING dan jam tayangnya TIDAK KEBABLASAN.. Dulu, 1 jam saja cukup loh, walaupun hadirnya seminggu sekali. Tidak seperti sinetron zaman sekarang, sudah stripping, ehh jam tayangnya ada yg sampai 3 jam. BOSEN, dong pemirsa....
  • SINETRON KOMEDI. Ayoooo siapa yang tidak tahu sinetron "Tuyul dan Mbak Yul", "Jin dan Jun", "Jini Oh Jini", "Boneka Poppy"...??? Sinetron komedi yang tadi, biasanya tayang hari Senin-Jumat, jam tayangnya hanya setengah jam. Tapi asli, walaupun isinya fiktif, tapi sinetron komedi zaman dulu memang me'legenda'. Pemainnya pun jadi terkenal karena lewat sinetron komedi ini. Seperti : Sahrul Gunawan (Pemeran Jun dalam "Jin dan Jun"), Diana Pungky dan Indra Brugman (Pemeran Jini dan Bagus dalam "Jini Oh Jini"), Onny Syahrial dan Ersa Mayori (Pemeran Ucil dan Mbak Yul dalam "Tuyul dan Mbak Yul")... Tapi kenapa ya, sekarang jarang ada lagi sinetron komedi? Adanya juga acara komedi, seperti OVJ, Commedy Project, Pesbukers, dll. Yang paling saya suka dari sinetron komedi zaman dahulu adalah Sound Track-nya :D.. Hhhaha saya masih hafal lho lagu2nya.. Oh iya, kalau tidak salah sinetron komedi yang saya sebutkan tadi masih tayang dan lama2 hilang waktu saya kelas 4 SD-an lah. Terus pernah ada "Tuyul Millenium", versi baru dari "Tuyul dan Mbak Yul" yg tayang tahun 2005-an. Hmmm tidak se-seru yg aslinya ah. Hhehe. Pada waktu saya SMP, jam 4 subuh pernah ada lagi loh sinetron "Jin dan Jun". Saya pun suka bangun jam 4 untuk nonton. Hhahaa saking seru-nya :D
  • TELENOVELA doooong :)).. Telenovela favorit saya, tentu AMIGOS (Nama2 pemerannya adalah Anna, Pedro, Lodres, Salvador, Renata, Gilberto, Rafael, Santiago, Patricia, Naftali, dll).. Waaaaahh saya kanegn sekali dengan akting mereka! Waktu SD kelas 5, tiap pulang sekolah jam 13.00, pasti nonton AMIGOS. Tergila2 lah, bisa dibilang begitu. Wkwkwkk. Sampai ngoleksi majalah-nya, CD-nya, dan kaset-nya :D. Bahkan, pernah pentas tari lagunya OST. AMIGOS. Kangen sekali. Sekarang pasti pemainnya udah pada dewasa. Oh ya, AMIGOS juga ada versi lainnya, yaitu PETUALANGAN AMIGOS, yg ada lorong waktunya ituuu.. Telenovela selanjutnya adalah CARITA de ANGEL (Nama2 pemerannya adalah Dulce Maria, Suster Cecilia, Fortunata, Niccole, Barbara, Frida, Cirippa, dll). Ceritanya seru banget. Pasti sebagian besar pada zaman sinetron ini, tau lah.. Hehehee. Telenovela lain yang sangat saya sukai adalah : Rosalinda, Marimar, Mariana & Silvana, Esmeralda, dll.. :')
  • KUIS.. Hmmm zaman sekarang, jarang ada kuis ya? Palingan kuis dari produk kartu HP. Hhaha yang sistemnya ketik REG (spasi) ini, itu, apalah.. Dulu, ada kuis "Family 100" (MC : Sonny Tulung), "Paramida" (MC : Ferdy Hasan), "Komunikata", "Tebak Gambar", "Game Zone" (Melly Zamri dan Irfan Hakim), dan tentu sajaaa "Kocok-Kocok" (MC : Eko Patrio dan Ulfa Dwiyanti).. Hhhehe, kenapa saya begitu ingat kuis Kocok-Kocok? Ya, karena saya ikutan kuis interaktifnya dan dape hadiah 500ribu.. Hahhaa itu waktu SD kelas 6. Waaaahh senangnyaaa :D
  • AFI... Haaaa Akademi Fantasi Indosiar! Ini adalah ajang pencarian bakat menyanyi yang ada 6 angkatan deh kalau gak salah. Sumpaaah deh kangen sama theme song "Menuju Puncak". Hha.  Angkatan 1 yaitu golongan Lasmi, Hera, Yenny, Smiley, Romi, Dicky, Rini, Ve, Mawar, Kia, Very. Angkatan 2 yaitu golongan Tia, Lia, Pasha, Cindy, Haikal, Rindu, Micky, Nia, Adit, Adi, dll. saya paling suka AFI 2 lhoo..hehehe dengan idola yg saya jagoakn yaitu CINDY, juara harapan 1 :). Selanjutnya ada AFI 3, 4, 5, dan versi 2007. Nah, kalau AFI selain AFI 1 dan 2, saya kurang begitu uptodate. Hanya yg saya tau dari AFI 3 yg terkenal yaitu Leo, Alvin, Eki, dll. AFI selanjutnya yaitu Tika & Tiwi (T2), Bojes, Indri, Ade, Yongki, Fibri, dll.. Selain menyanyi, AFI juga ada sinetronnya lohh.. Diantaranya : Menuju Puncak, Gara-Gara Cinta, Fantasi, dan aaahh apa ya? Banyak lagi deh pokoknya. Oh iya, waktu tahun 2010 katanya bakal ada AFI, tapi mana??? Ahhaa sudah kangen sayaa :(
  • SINETRON LAGA. Yeaaahh! Sukka sekali! Sinetron yg ceritanya jauh dari kata modern. Pakaiannya adat, suasananya sebagaian besar pedesaan dan hutan, pokoknya gitu deh.. Dulu ada "Prahara Prabu Siliwangi, Misteri Gunung Merapi, Jaka Tingkir, Sangkuriang, dll". Akting pemainnya real, adegan berantemnya ngena banget, dan gak ada tuh hewan2 yang bohong2an! Dan yg menjadi ciri khas sinetron laga zaman dulu adalah adanya Dubbing :).. Tahun 2011 pun ada Sinetron Laga loh, tapi....sumpah deh, agak gimanaa gitu liatnya juga. Pemainnya kurang cocok sama peran yg dimainkan, hewan2nya atau ceritanya silumannya itu,,,aduh enggak banget deh! Keliatan banget editannya. Terus gak pake dubbing! Iiihh...harus direvisi pokoknya..
Memang, Acara-Acara TV zaman sekarang lebih bervariasi. Namun, terkesan monoton dan membosankan. Mungkin yg lebih variatif dan beda adalah sekarng banyak acara Gosip Artis, Lancong, Drama Korea dan Musik.. Namun, acara lain seperti Sinetron, Komedi, dan Kuis sungguh sangat menjenuhkan! Saya sadar, selera orang berbeda2. Namun harapan saya, semoga pertelevisian di Indonesia menghidupkan kembali nuansa TV zaman dahulu... :))
Sumpah deh, saya kangen sekali ACARA-ACARA TV ZAMAN DAHULU...!!! :)
Who's agree with me? ;)

5 komentar:

  1. saya juga kangen tayangan tv kayak dulu. khususnya sinetron. jalur ceritanya dlu gak maksain kayak skrg. skrg sinetro smpe puluhan episode gak kelar2 dan udh gak jelas inti ceritanya

    BalasHapus
  2. Coba liat di nonton.com. ada banyak bgt tuh sinetron2 jadul

    BalasHapus
  3. Klo di nonton .com kurang lengkap sinetron nya

    BalasHapus
  4. Pengen liat sinetron nya paramitha rosady yg judulnya janji ku.sama raslina rasidin air mata ibu.klo sinopsisnya sih inget dikitt.cuma pengen liat paramita nangis sama mbak raslina jadi ibu yv teraniaya

    BalasHapus
  5. Kawinn gantung,, sukaa bgtt.. lucu n gokil pokok e.. tp sekarang mah sinetrone ceritane g nalar,, masak yg dicritain dh mati, tp sinetronya masih berlanjutt.. g banget deh.😝

    BalasHapus